14 April 2012

rumahku surgaku


bicara tentang rumah, tak akan pernah ada habisnya. mulai dari arsitektur,desain interior,tata ruang hingga kehangatan keluarga didalamnya. karena rumah tak sekedar tempat tinggal, melainkan tempat menemukan kenyamanan dan ketenangan. disaat kita merasa letih dan jenuh atas himpitan diberbagai kesibukan, rumah adalah tempat melepas penat. dengan kata lain rumah adalah tempat dimana orang menemukan as-sakan atau ketenangan hati setelah sebelumnya bergejolak.
karena yang dicari adalah kenyamanan, siapapun sepakat bahwa rumah tak harus mewah. memang benar, hunian yang luas, asri dan lengkap dengan perabotan dan furnitur membuat nyaman siapapun yang ada didalamnya, namun jika semua itu hadir tanpa adanya keharmonisan antara anggota keluarga, tentu kenyamanan yang didambakan belum tentu akan kita rasakan, bukan berartipula faktor kenyamanan fisik tidak penting tapi kedunya adalah dua faktor yang saling melengkapi. hanya prioritasnya yang berbeda.
lalu,bagaimanakah sebenarnya islam mengatur tentang rumah?
memang tidak ada dalil yang spesifik dari Al-Quran atau As-Sunah tentang bagaimana kita membangun rumah. tapi banyak isyarat dari Al-Quran dan hadist nabi, serta petunjuk yang dicontohkan oleh para ulama terdahulu.
keingginan untuk membuat rumah bagaikan syurga harus sejalan dengan tuntunan agama. kita haruslah pandai dalam mengelolanya dan mengikhtiarkan semaksimal mungkin untuk kebaikan yang tumbuh didalamnya. pun dengan keluarga ,, keluarga adalah himpunan yang akan menambah manisnya kehidupan didalam rumah, maka jadikanlah himpunan itu sebagai pelengkap kebahagiaan kita^^mari kita jadikan rumah dan keluarga kita sebagai salah satu sarana yg dapa menghantarkan kita ke SyurgaNya :)

0 komentar: